(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

UN 2015, Tanggung Jawab Sekolah Makin Besar

Admin disdikpora | 15 Januari 2015 | 815 kali

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, menegaskan bahwa kelulusan siswa tidak akan ditentukan oleh Ujian Nasional (UN) 2015, untuk tahun ajaran ini. Melainkan ditentukan oleh sekolah. Sedangkan UN bukan satu-satunya ukuran kelulusan.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya, mengatakan, kalaupun UN tidak menjadi penentu kelulusan, pihak Disdikpora Kota Denpasar tetap melaksanakan ujian pemantapan (try out). Ia mengatakan, ketika UN tidak menjadi syarat kelulusan, anak-anak harus tetap semangat belajar belajar dan tidak boleh kendor. Pihak sekolah juga harus tetap mempertahankan kualitas serta mempersiapkan anak didik dengan baik. ‘’Untuk pelaksanaan try out, masih kita koordinasikan jadwalnya dengan MKKS,’’ katanya.
IGN Eddy Mulya melanjutkan, dengan UN hanya menjadi alat pemetaan, justru yang lebih ditekankan adalah kejujuran siswa dalam menjawab soal UN. ‘’Kalau dulu UN menjadi syarat kelulusan, sehingga membuat anak penuh ketakutan menjawab soal. Sekarang tidak boleh seperti itu lagi,’’ tandasnya.