(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

UNBK SMA HARI PERTAMA DI BULELENG BERJALAN LANCAR

Admin disdikpora | 10 April 2018 | 538 kali

UNBK SMA HARI PERTAMA DI BULELENG BERJALAN LANCAR

Singaraja, DISDIK TODAY| 
Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 jenjang SMA diselenggarakan mulai Senin, 9 April 2018 serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan yang dimulai tepat pukul 7.30 ini dilaksanakan dengan dua moda, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Di Kabupaten Buleleng sebanyak 39 SMA negeri dan swasta pada tahun ini seratus persen melaksanakan UNBK. Dimana 20 sekolah melaksanakan UNBK dengan system bergabung di sekolah terdekat dan 19 sekolah lainnya melaksanakan secara mandiri. Tercatat sebanyak 5242 siswi dan 2480 siswa terdaftar untuk mengikuti ujian akhir ini.

Pelaksanaan UNBK hari pertama di Kabupaten Buleleng dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia nampak berlangsung lancar. Dari hasil Pantauan Disdikpora Kabupaten Buleleng, selaku Panitia tingkat Kabupaten di beberapa sekolah baik yang berlokasi di Kota Singaraja maupun di Kecamatan Seririt, UNBK hari pertama tidak ada mengalami kendala yang berarti. Siswa mengerjakan soal dengan pengawasan silang dari guru yang bukan dari sekolah yang bersangkutan, dibawah kontrol teknis dari Proctor dan Teknisi yang secara khusus bertugas dalam pelaksanaan UNBK. Penyelenggaraannya pun disesuaikan dengan kondisi jumlah computer dan siswa yang ada di setiap sekolah sehingga menungkinkan adanya pelaksanaan ujian hingga tiga sesi (hingga sore hari). Dari total 5022 siswa yang ditetapkan mengikuti ujian, terdapat 9 siswa yang absen dengan berbagai alas an, diantaranya ada yang sudah bekerja, berhenti sekolah, sakit dan menikah.

Pelaksanaan UNBK jenjang SMA tahun ini akan berlangsyng selama 4 hari mulai 9 hingga 12 April 2018 dengan satu mata pelajaran perhari masing-Matematikamasing Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan yang diujikan. Sedangkan ujian susulan dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu, 17 – 18 April 2018, masing-masing dengan 2 mata pelajaran per harinya.