(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

URGENSI MANAJEMEN DATA DAN PUBLIKASI LEMBAGA

Admin disdikpora | 05 Desember 2017 | 344 kali

URGENSI MANAJEMEN DATA DAN PUBLIKASI LEMBAGA

Singaraja, DISDIK TODAY| Data pokok pendidikan yang selanjutnya disingkat Dapodik adalah suatu sistem data yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang secara terus menerus diperbaharui secara online. Hal tersebut disampaikan Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. mengawali arahannya dalam Rapat Tim Manajemen Data Pokok Pendidikan dan Publikasi Disdikpora Kabupaten Buleleng, Senin 4 Desember 2017 di Ranggon Sunset, Penimbangan, Singaraja.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pentingnya setiap unit kerja dalam lembaga mengetahui data dasar bidang masing-masing, sehingga nantinya secara cepat dan akurat dapat memberikan layanan informasi kepada masyarakat. Dalam hal ketersediaan data pendidikan secara online, hal ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan. Masyarakat secara luas dapat mengakses informasi data pendidikan yang sudah disediakan oleh Kemdikbud. Nantinya Kepala Disdikpora berharap, Dapodik ini dapat disingkronkan dengan portal Pemkab Buleleng, www.bulelengkab.go.id untuk memberikan one-stop service tentang layanan data kependidikan di Kabupaten Buleleng.

Disamping manajemen data, publikasi lembaga juga merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi keberlangsungan lembaga. “Publikasi merupakan eksistensi instsitusi Jaman Now” demikian ungkapnya. Media Sosial telah menyediakan ruang untuk berbagi : informasi, dokumentasi dan publikasi, sehingga melalui tim ini diharapkan pula mulai tumbuh kesadaran akan pentingnya kemanfaatan data, mengembangkan sensitifitas akan informasi terkait (isu strategis organisasi) dan melatih diri dalam menyiapkan informasi yang lebih baik.

Rapat Tim Manajemen Data Pokok Pendidikan dan Publikasi Disdikpora Kabupaten Buleleng diikuti dari unsur Pejabat dan operator Disdikpora Kabupaten Buleleng, Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng, Dinas Kominfo Sandi Kabupaten Buleleng, MKKS SMP Kabupaten Buleleng dan Kepala UPP Kecamatan se Kabupaten Buleleng. Acara berlangsung sehari diisi dengan diskusi perencanaan majemen data. Nantinya kegiatan serupa akan diisi dengan pelatihan penulisan rilis kegiatan sebagai salah satu bentuk dari “Jurnalisme Warga” yang akan dipandu oleh narasumber Made Adnyana, dari Komunitas Jurnalis Buleleng.