(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WEBINAR BUNDA PAUD SE-BULELENG DENGAN TOPIK EFEKTIFITAS EDUKASI PERUBAHAN PERILAKU 3M DARI KELUARGA

Admin disdikpora | 30 September 2020 | 180 kali

WEBINAR BUNDA PAUD SE-BULELENG DENGAN TOPIK EFEKTIFITAS EDUKASI PERUBAHAN PERILAKU 3M DARI KELUARGA

Singaraja, Rabu 30 September 2020 | DISDIKTODAY
Bertempat dirumah Jabatan Bupati Buleleng, hari ini, Rabu 30 September 2020, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Bunda PAUD Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Webinar Bunda PAUD Se-Buleleng efektifitas edukasi perubahan perilaku 3M dari keluarga (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).

Kegiatan Webinar ini menampilkan narasumber diantaranya Kepala BP PAUD dan DIKDra. Endah Warsiati, M.Pd, Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, I Gusti Ayu Aries Sujati, Dosen PG – PAUD Undiksha, Dr. Pt. Aditya Antara, S.Pd, M.Pd dan sebagai moderator, Ketua IGTKI Kabupaten Buleleng, Desak Sri Yuliastiawati.

Latar belakang diadakannya kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam masa pandemi COVID-19 untuk menanamkan perilaku 3M bagi peserta didik perlu segera dilaksanakan. Upaya hulu pencegahan ini untuk menekan peningkatan jumlah kasus COVID-19 di wilayah Buleleng yang bersumber atau menyasar anak-anak. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam upaya mengefektifkan sosialisasi Edukasi Perubahan Perilaku 3M akan berkolaborasi dengan berbagai lembaga dan masyarakat yang berafiliasi dengan pendidikan. Salah satunya adalah dengan Bunda PAUD se Kabupaten Buleleng.

Peran strategis Bunda PAUD se Kabupaten Buleleng merupakan representasi dari Ibu-Ibu kita yang mewakili wilayah administratif mulai dari Desa, Kecamatan sampai ke Kabupaten. Disamping itu, mereka adalah ex-officio Ketua Tim Penggerak PKK di wilayahnya. Keberadaan Bunda PAUD juga ikut mendorong pemahaman masyarakat akan pentingnya Tri Sentra Pendidikan, yaitu Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Sehingga implementasi Edukasi Perubahan Perilaku 3M akan berjalan efektif serta diterima masyarakat dengan berkolaborasi bersama Bunda PAUD.

Selanjutnya tujuan dari kegiatan ini adalah Memberikan sosialisasi Edukasi Perubahan Perilaku 3M bagi Bunda PAUD se Kabupaten Buleleng, Menyerap berbagai saran dan masukan dalam implementasi Edukasi Perubahan Perilaku 3M, Mengefektifkan Peran Tri Sentra Pendidikan bersama Bunda PAUD se Kabupaten Buleleng untuk mengajak masyarakat melaksanakan perilaku 3M bagi dirinya, putra-putrinya serta keluarganya.Edukasi Perubahan Perilaku 3M secara teknis juga mengusung tagline "Ingat Pesan Ibu, Ingat 3M" Hal ini akan efektif dilaksanakan manakala ibu-ibu memahami terlebih dahulu makna dan pentingnya dari perilaku 3M untuk kesehatan putra-putrinya. Secara masif nantinya akan berpengaruh terhadap upaya menekan penyebaran wabah COVID-19 khususnya pada klaster keluarga dan satuan pendidikan. Benteng pertahanan kesehatan masyarakat adalah kesehatan keluarga. Untuk itu edukasi keuarga merupakan hal utama yang harus diupayakan kesadarannya.
Sementara itu untuk peserta yang ikut dalam webinar ini adalah Bunda PAUD ex-officio Ketua TP PKK se Kabupate Buleng (Desa, Kecamatan), Pimpinan Lembaga PAUD se Kabupaten Buleleng, Organisasi PAUD se Buleleng dan Unsur Pemerintahan Desa se-Kab. Buleleng.