(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP ANALISIS TEST SMP TAHUN 2019

Admin disdikpora | 28 Januari 2019 | 485 kali

WORKSHOP ANALISIS TEST SMP TAHUN 2019

Lovina, 28 Jamuari 2019| DISDIK TODAY

Sesuai Permendikbud No. 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah, khususnya dalam pasal 11 ayat 1, diamanatkan bahwa naskah (USBN) sejumlah 75% s.d. 80% disiapkan oleh guru di Satuan Pendidikan di bawah konsolidasi MGMP Mata Pelajaran Pelajaran serta dengan selalu berkoordinasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi.

Beranjak dari amanat tersebut, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, melalui Bidang PSMP melaksanakan Workshop Analisis Test SMP Tahun 2019, guna melatih dan mempersiapkan guru mata pelajaran dalam hal menyusun butir-butir soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kegiatan ini dibuka, Senin 28 Januari 2019 oleh Kadisdikpora Buleleng, dalam hal ini diwakili oleh Kabid PSMP, I Nyoman Sutama, S.Pd., M.Pd didampingi Kasi Kurikulum SMP, Ketua MKKS SMP, Pengawas SMP dan Ketua MGMP Mapel SMP.

Dalam sambutannya Kadisdikpora menegaskan bahwa penilaian hasil belajar merupakan bagian integral dari proses pendidikan untuk mengukur mutu pendidikan itu sendiri. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan penilaian hasil belajar siswa dari satuan pendidikan dengan menggunakan standar nasional. Oleh karena hasil USBN menentukan kelulusan dari satuan pendidikan, maka soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik sehingga memberikan informasi yang valid dan objektif terhadap capaian siswa dalam proses pembelajaran.

Sementara itu, dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana yang dibacakan Kasi Kurikulum SMP, menyampaikan peserta dari kegiatan ini berjumlah 48 orang yang berasal dari 13 Guru Mapel SMP yang menerapkan Kurikulum 2006 maupun Kurikulum 2013. Dengan pelaksanaan workshop ini, guru mata pelajaran SMP diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya dalam penyusunan soal, mengetahui kaidah indikator dan kisi-kisi soal, menyusun butir soal pilihan ganda dan uraian serta mampu menganalisis butir soal secara kualitatif dan kuantitatif, imbuhnya.

Workshop Analisis Test SMP Tahun 2019, sedianya akan berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 28 s.d. 31 Januari 2019 di Melka Excelsior Hotel, dengan pemateri yang berasal dari STAH Negeri Kuturan Singaraja yaitu Dr. I Made Sedana, S.Pd, M.Pd dan 4 orang Widyaiswara LPMP Provinsi Bali dengan pola 32 Jam Pelajaran dan 2 kelas rombongan belajar.