(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP PENGUATAN LAYANAN BK SMP 2018 BERAKHIR

Admin disdikpora | 20 November 2018 | 536 kali

WORKSHOP PENGUATAN LAYANAN BK SMP 2018 BERAKHIR

Singaraja, DISDIK TODAY | Setelah berlangsung selama 4 hari di SMP Negeri 2 Singaraja, Jumat, 16 November 2018 Workshop Penguatan Layanan Bimbingan dan Konseling SMP Tahun 2018, akhirnya ditutup secara resmi oleh Kadisdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. didampingi Kabid PSMP, I Made Sedana, SPd., MPd. Kasi Kurikulum SMP, I Gusti Ngurah Agung Sukrisna, S.Pd.a Ketua MKPS SMP, Kepala SMP Negeri 2 Singaraja.

Dalam arahannya, Kadisdikpora Buleleng menyampaikan bahwa proses pendidikan bisa berlangsung dimana saja, dalam konteks bimbingan dan konseling sebagai bagian integral dari pendidikan yang dijalankan oleh Guru BK, layanan BK bukan terkooptasi dilaksanakan di ruangan BK saja, secara personal, layanan BK bisa di mana saja.

Menjadi Guru BK yang sukses, tidak hanya tercermin dengan lengkapnya adminitrasi, namun seberapa sering Guru BK dicari sebagai "Tempat Curhat" oleh siswa. Apalagi Guru BK bisa menyelamatkan siswa dari berbagai potensi yang mengarah kepada kegagalan siswa dalam proses pendidikan, disanalah kemulian seorang Guru BK, imbuhnya.

Sementara itu, Kabid PSMP melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 60 Guru BK SMP. Berdasarkan Asesmen kepesertaan yang merupakan akumulasi dari nilai pre-test, keaktifan, penugasan dan post-test, 59 orang dinyatakan lulus dan 1 orang dinyatakan gagal karena ijin sakit selama kegiatan berlangsung. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, terbukti dengan tingkat kehadiran mencapai 97,50 % dan rerata asesmen sebesar 75,86.
Adapun peserta yang meraih nilai tertinggi selama kegiatan berlangsung yakni :
I Ketut Agus Wirawan, S. Pd dari SMP Negeri 2 Tejakula, disusul Drs. Ketut Kadir dari SMP Negeri 1 Busungbiu dan peringkat selanjutnya adalah Ni Ketut Susilawati, S. Pd dari SMP Negeri 3 Banjar.