(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN ADMINISTRASI GURU

Admin disdikpora | 30 Juli 2018 | 1181 kali

WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN ADMINISTRASI GURU

Singaraja, Sabtu, 28 Juli 2018 l DISDIKTODAY
Tantangan Dunia pendidikan saat ini semakin berat dan kompleks. Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan tersebut perlu dibangun SDM pendidikan yang handal dan kompettitif, baik pada level penentu kebijakan, perencanaan, maupun pelaksanaan pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan. Hal inilah yang melatar belakangi diadakannya Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Administrasi Guru yang dilaksanakan dari tanggal 28 juli, 3, 5 dan 12 Agustus 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. berkesempatan membuka acara secara resmi serta menyampaikan beberapa arahan yang dapat dijadikan acuan bagi 57 orang Guru di SMP N 1 Sukasada dalam melakukan perubahan untuk menuju sekolah yang lebih baik. Banyak hal yang disampaikan, mulai dari guru harus memiliki rasa jengah terhadap diri sendiri agar mampu mengimbangi tuntutan kemajuan teknologi digital. Salah satu contoh penerapan Pendidikan keluarga yaitu wali kelas diharapkan mempunyai WA group keluarga. Dimana hubungan Guru dengan orang tua mengenai perkembangan anak didiknya juga perlu dibangun.

Adanya komunikasi ini tentu menghasilkan respon yang positif dimana guru secara bertahap akan mengetahui kondisi akademik dan non akademik siswa. Sedangkan, untuk di lingkup sekolah guru diharapkan selalu melakukan diskusi terkait dengan perangkat pembelajaran. Sedangkan diakhir pelaksanaan kegiatan ini peserta diharapkan dapat melakukan evaluasi.

Workshop yang berlangsung di sekolah setemoat menghadirkan narasumber dari dari Disdikpora Kabupaten Buleleng dan Pengawas managerial Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua pola IN dan On-service, dimana yang pertama adalah kegiatan IN service diberikan selama pelatihan di tempat pelatihan dan yang kedua adalah On-Service, dimana kegiatan dilaksanakan secara individual.