(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM PNF

Admin disdikpora | 12 Oktober 2017 | 385 kali

WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM PNF

Lovina, DISDIK TODAY| Workshop penyusun kurikulum PNF digelar oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng melalui Bidang PAUD-PNF di Melka-Lovina Senin, 9 Oktober 2017. Dengan menyasar 60 orang perwakilan PKBM, SKB dan LKP se-Kabupaten Buleleng, kegiatan ini menghadirkan 4 orang Pemateri masing-masing dari BP PAUD-DIKMAS dan BAP Provinsi Bali.

Kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari kedepan terfokus pada pemberian teori dan praktek penyusunan kurikulum PNF yang sesuai dengan kondisi Lembaga dan regulasi yang diberlakukan.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekretaris Disdikpora I Made Ngadeg, S. Pd, M.Pd didampingi Kasi Kurikulum PAUD-PNF Komang Sudarsana, S.Pd dan Narasumber BAP Provinsi Bali I Gede Ngurah Sumpena, M.Pd menegaskan bahwa kurikulum sebagai salah satu acuan penting dalam pelaksanaan program pendidikan perlu disusun dengan sangat cermat, mengingat kurikulum akan berpengaruh terhadap kualitas dan mutu lulusan yang dihasilkan lembaga. Oleh karenanya Pemikiran2 rasional, logis, realistis dan adaptif terhadap perkembangan teknologi tentu diperlukan dalam penyusunan kurikulum sehingga output-outcome yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan pasar di era digital sekarang ini bisa terwujud. Namun demikian regulasi penyusunan kurikulum PNF yang dalam hal ini masih menggunakan KTSP 2006 mesti tetap mengacu pada Permendiknas No. 14 tahun 2007 tentang standar isi untuk program kesetaraan Paket A, B, C dan SKKNI (standar kompetensi kerja nasional indonesia) untuk program kursus dan pelatihan. Hal ini sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah dalam bidang pendidikan yaitu perluasan akses dan peningkatan mutu.

Lebih lanjut Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Sekdisdikpora sebelum mengakhiri paparannya berpesan kepada peserta workshop utk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya mereka bisa menerapkan ilmu yang didapatkan untuk kemajuan lembaga PNF di Kabupaten Buleleng.