(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP PPK SMP DIHARAPKAN CETAK GENERASI BERKARAKTER

Admin disdikpora | 15 Agustus 2018 | 351 kali

WORKSHOP PPK SMP DIHARAPKAN CETAK GENERASI BERKARAKTER

Lovina, Senin, 13 Agustus 2018 l DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi pendidikan, kepemudaan dan olahraga memiliki tugas untuk mengakselerasi dan mengimplementasikan program pemerintah pusat pada tingkat daerah, salah satunya adalah program pendidikan karakter. Untuk melaksanakan program tersebut, maka dilaksanakan Workshop penguatan pendidikan karakter SMP tahun 2018 yang bertempat di Melka Excelsior Hotel berlangsung mulai tanggal 13 s.d. 16 Agustus 2018.

Dalam laporan kegiatannya Kabid Pembinaan SMP, I Made Sedana, S.Pd, M.Pd menyampaiakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum maupun Bidang Kesiswaan mampu memperkuat pemahaman terhadap nilai-nilai utama PPK serta meningkatkan kemampuan dan mengimplementasikan di satuan pendidikan masing-masing. Selain itu secara rinci peserta juga diharapkan agar memahami beberapa hal seperti, kebijakan tentang pendidikan, konsep dasar PPK, PPK Berbasis Kelas.

PPK Berbasis Budaya Sekolah, PPK Berbasis Masyarakat dan mampu menyususn Rencana tindak lanjut PPK .

Kegiatan workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd yang sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan ini.y Dalam sambutannhall menyampaiakan, 
Pendidikan karakter yang di harapkan Kemendikbud lewat kurikulum itu bisa terimplementasi dalam proses pendidikan yang ada disekolah.Peserta sendiri diharapkan nantinya memiliki pemahaman dan penguatan tentang pendidikan karakter sehingga ketika berada dilapangan tidak banyak kendala yang dihadapi.Selain itu, pendidikan karakter saat ini sangat di butuhkan dan strategis jika dilihat dari perkembangan jaman.Maka dari pada itu kita dituntut agar adanya satu generasi yang memiliki karakter yang kuat terhadap pengaruh ataupu dampak terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kegiatan workshop ini turut mengundang narasumber Kabid Pembunaan SMP Disdikpora Kabupaten Buleleng, Widyiswara LPMP Bali serta diikuti sebanyak 152 orang berasal dari 76 SMP se-Kabupaten Buleleng dengan menggunakan pola 32 jam dan di bagi menjadi empat ruang kelas