(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP TELAAH KURIKULUM SMP SE-KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Admin disdikpora | 04 Juli 2018 | 420 kali

WORKSHOP TELAAH KURIKULUM SMP SE-KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Singaraja, DISDIK TODAY I Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Begitu pentingnya fungsi dan peran kurikulum dalam menentukan keberhasilan pendidikan, karena itu kurikulum harus dikembangkan dengan fondasi yang kuat, demikian hal yang terungkap Selasa, 03 Juli 2018 disampaikan oleh Kabid PSMP Disdikpora Buleleng, I Made Sedana, S.Pd, M.Pd mewakili Kadisdikpora Kabupaten Buleleng dalam Pembukaan Telaah Kurikulum SMP Se-Kabupaten Buleleng Tahun 2018.

Lebih lanjut ditegaskan bahwa sekolah sebagai satuan pendidikan memiliki perangkat pengembangan kurikulum sekolah yang terdiri dari Dokumen I, Dokumen II dan Dokumen III. Untuk melatih sekolah dalam menyiapkan perangkat kurikulumnya tersebut, sebelum tahun pelajaran baru dimulai perlu kiranya dilakukan workshop untuk lebih memantapkan kesiapan sekolah berkaitan dengan perangkat kurikulum. Maka dilaksanakanlah kegiatan seperti saat ini, imbuhnya.

Workshop Telaah Kurikulum SMP Se-Kabupaten Buleleng Tahun 2018 diikuti sebanyak 152 peserta yang berasal dari 76 SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Buleleng, utamanya menyasar Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum di satuan pendidikan tersebut. Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari, dimulai 03 s.d 06 Juli 2018 di SMP Negeri 2 Singaraja dengan menghadiran 8 orang Widya Iswara LPMP Bali sebagai narasumber.

Tindak lanjut dari kegiatan ini, adalah validasi kurikulum SMP Negeri/Swasta Se-Kabupaten Buleleng di awal tahun pelajaran 2018/2019.