(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP TIM PENGEMBANG KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C

Admin disdikpora | 20 Agustus 2019 | 493 kali

WORKSHOP TIM PENGEMBANG KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C

Lovina, Selasa 20 Agustus 2019|DISDIKTODAY

Sebagai upaya meningkatkan kompetensi Penilik dalam menjalankan Tupoksinya sebagai pengendali mutu Pendidikan Non Formal, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Workshop Tim Pengembang Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan Paket C setara SMA di Aneka -Lovina dimulai dari Selasa, 20 s/d. Jumat, 23 Agustus 2019.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kadisdikpora Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Pembinaan PAUD PNF, Dra. Nengah Pujiani, M.AP, didampingi Kasi Kurikulum Komang Sudarsana, S.Pd. Dalam penyampaian sambutan dapat dijelaskan bahwa Pendidikan Kesetaraan Paket C sudah semakin dikenal oleh masyarakat khususnya di Kab. Buleleng terbukti dari jumlah lulusan selama 3 tahun terakhir sebanyak 1.130 orang. Jika dilihat dari segi jumlah output rasanya angka tersebut sudah tinggi dengan demikian maka kita mesti terus berfikir dan berbuat pada tataran peningkatan kualitas dan mutu lulusannya.

Penilik dalam perannya sebagai pengendali mutu dan melaksanakan evaluasi dampak program pendidikan non formal dalam hal ini Pendidikan Kesetaraan Paket C mesti mengetahui regulasi dan juga kebijakan yang diberlakukan.Ini sesuai dengan terbitnya Edaran dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Direktorat Jenderal PAUD dan DIKMAS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor: 1578/C4.3/PM/2019 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2013 pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C yang dimulai dari kelas awal yaitu kelas IV, VII dan X pada tahun pelajaran 2019/2020 dengan sistem pembelajaran yang dikembangkan adalah berbasis Moduler dan Daring.

Selanjutnya untuk mengetahui dengan jelas esensi dari K-13 Kesetaraan tersebut maka diharapkan agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga nantinya mampu melakukan pembinaan, pendampingan, supervisi dan evaluasi ke lembaga penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan Paket C terhadap penyusunan dan pelaksanaan kurikulum yang sesuai regulasi dan kebutuhan. Dalam kegiatan ini turut menghadirkan Narasumber dari STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Dr. Made Sedana, S.Pd, M.Pd.