(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP TPK KESETARAAN PAKET C:  PENILIK MESTI MAMPU BERPIKIR SAMPAI OUTCOME

Admin disdikpora | 24 Juli 2018 | 420 kali

WORKSHOP TPK KESETARAAN PAKET C: 
PENILIK MESTI MAMPU BERPIKIR SAMPAI OUTCOME

Lovina, Senin 23 Juli 2018| DISDIK TODAY
Sebagai upaya meningkatkan kompetensi Penilik dalam menjalankan Tupoksinya sebagai pengendali mutu Pendidikan Non Formal, Disdikpora Kab. Buleleng menyelenggarakan Workshop Tim Pengembang Kurikulum Pendidikan Kesetaraan Paket C setara SMA di Melka -Lovina dari Senin, 23 s.d. 26 Juli 2018

Kepala Disdikpora Kab. Buleleng diwakili Sekretaris Made Ngadeg, S.Pd, M.Pd didampingi oleh Kabid Pembinaan PAUD PNF Dra. Nengah Pujiani, M.AP, Kasi Kurikulum Komang Sudarsana, S.Pd dan Narasumber dari BP PAUD DIKMAS Prov. Bali, Drs. Djito, M.Pd saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa sesuai motto Disdikpora Buleleng dalam memberikan pelayanannya adalah Ikhlas, Cerdas dan Tuntas (ICT) sehingga peningkatan kompetensi SDM nya mutlak diperlukan.

Penilik dalam perannya sebagai pengendali mutu dan melaksanakan evaluasi dampak program pendidikan non formal dalam hal ini Pendidikan Kesetaraan Paket C, kualitas dan mutunya perlu di jaga sehingga lulusan yang tercipta tidak hanya setara jenjang tapi juga setara ilmunya. Oleh karena itu Penilik hendaknya terus meng update serta meningkatkan kompetensinya untuk bisa melaksanakan perannya dengan maksimal. Dalam hal ini penilik mesti mampu berpikir tidak hanya pada output namun mesti lanjut pada outcome nya sehingga kita mengetahui kebermanfaatan dari program yang dijalankan, imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia , Dra. Nengah Pujiani, M.AP melaporkan bahwa selama 4 hari kedepan peserta akan didampingi oleh Narasumber dari BP PAUD DIKMAS Bali, Undiksha Singaraja dan BAN PAUD PNF Bali.

Selanjutnya setelah kegiatan ini diharapkan Penilik mampu melakukan pembinaan, pendampingan, supervisi dan evaluasi terhadap penyusunan dan pelaksanaan kurikulum lembaga penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan Paket C setara SMA di lapangan, mengingat Program Paket C di Kab. Buleleng sudah dikenal bahkan diminati oleh masyarakat. Hal tersebut terlihat dari jumlah lulusan program Paket C selama rentang waktu 2 tahun ini mencapai 688 orang.