(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

WORKSHOP WAJAH PLASTIK, AKHIRI KBS PEMUDA BULELENG TAHUN 2019

Admin disdikpora | 09 Oktober 2019 | 699 kali

WORKSHOP WAJAH PLASTIK, AKHIRI KBS PEMUDA BULELENG TAHUN 2019

Menyali, 9 Oktober 2019| DISDIK TODAY
Sebanyak delapan kelompok peserta Kemah Bhakti Sosial (KBS) Pemuda Buleleng Tahun 2019 nampak serius satu sama lain untuk menyelesaikan project Pembuatan Lukisan Wajah Plastik dengan mengambil Model Foto Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si.

Mereka saling bahu membahu mulai dari ada yang memotong mal, membersihkan kotoran sampah plastik kemasan snack yang mereka pungut sehari sebelumnya dalam agenda perangi sampah plastik. Selanjutnya menggunting plastik, ada yang menempelkan pada print out foto yang telah disiapkan panitia, serta memasukkan sisa guntingan-guntingan plastik dimasuk ke dalam botol bekas air kemasan untuk dijadikan ecobrick.

Dalam waktu 2 jam beberapa kelompok berhasil menyelesaikan pengalaman pertama mereka membuat project lukisan dari bahan sampah plastik dibawah koordinir Creator Wajah Plastik, Made Agus Janardana yang telah mengantongi Hak Kekayaan Intelektual Wajah Plastik dari Kemenkumham. Sebelumnya Pemuda Pelopor Buleleng Tahun 2019 yang berhasil meraih nominasi II Bidang Lingkungan, SDA dan Pariwisata Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019 ini memberikan workshop kepada peserta KBS akan pentingnya kepedulian pemuda dalam menjaga keselamatan bumi dari ancaman timbunan sampah plastik. Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Bali melalui Pergub No. 97/2018 tentang Pembatasan Timbunan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Program Buleleng Bebas Sampah Plastik.

Selanjutnya hasil dan manfaat workshop dimaksud diharapkan dapat menginspirasi Pemuda Buleleng khususnya peserta untuk lebih mengasah ide kreatif dalam mencari solusi dalam penanganan sampah, dimana sampah plastik perlu dikelola agar tidak menjadi mara bahaya melainkan menjadi maha karya yang bernilai ekonomis.

Dengan berakhirnya workshop Wajah Plastik tersebut, Kemah Bhakti Sosial Pemuda Buleleng Tahun 2019 yang mengusung tema "Menuju Pemuda Buleleng, Berintegritas, Maju dan Mandiri" ditutup secara resmi dengan pemberian ucapan selamat dan terima kasih kepada peserta, narasumber serta segenap panitia oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng.