(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA MEMBUKA KEGIATAN LOKAKARYA ORIENTASI PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 11

Admin disdikpora | 16 Juni 2024 | 1179 kali

Singaraja, Minggu 16 Juni 2024 | DISDIKTODAY


Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bali bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 kabupaten Buleleng di SMK Negeri 1 Sukasada. Kegiatan ini mengundang Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah Calon Guru Penggerak (CGP), Pengajar Praktik, dan Calon Guru Penggerak (CGP). Sebagai Narasumber, Kepala BGP Provinsi Bali, Dr. I Wayan Surata, S.Pd., M.Pd. memberikan kehormatan kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd.,M.M.  didampingi oleh Sekretaris Dinas dan juga selaku Plt Kepala Bidang Pembinaan GTK Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.AP, , Kepala Seksi GTK SD Luh Putu Lasmini, SH., M.Pd., Subkor GTK Paud/Pnf Ketut Suci Marianti, SE. 


Disela-sela sambutannya, Kadisdikpoa Astika menyatakan Guru Penggerak merupakan Kebijakan Merdeka Belajar Episode ke 5. Harapannya Guru Penggerak akan menjadi Pemimpin Pembelajaran dan kenyataanya memang Guru Penggeraklah yang mampu melaksanakan prinsip Merdeka Belajar. Selain menjadi pemimpin lulusan Guru Penggerak juga disiapkan menjadi Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dalam Program KSPS.  Harapannya tidak ada yang menolak ketika mendapatkan tugas sebagai Kepsek/Pengawas. Astika juga meminta kepada BGP untuk terus berkolaborasi demi kemajuan pendidikan di Buleleng pada khususnya dan kemajuan pendidikan di Bali pada umumnya.


Seusai pemaparan sambutan dan pemukulan gong oleh kadisdikpora yang didampingi jajarannya serta ikut mendampingi Kepala BGP Provinsi Bali beserta jajarannya, bertindak selaku tuan rumah Kepala SMK Negeri 1 Sukasada Drs, Putu Sumandi Yasa, M.Si. memberikan souvenir berupa batik dari hasil karya anak didiknya kepada Kadisdikpora dan Kepala BGP Provinsi sebagai bentuk penghargaan sudah memberikan kepercayaan satuan pendidikan selaku penyelenggara kegiatan ini selama 7 bulan.


Dalam rangkaian kegiatan hari ini, perlu diketahui peserta Pendidikan Guru Penggerak Angkan 11 diikuti oleh 56 guru peserta terdiri 4 orang dari jenjang TK/Paud, 17 orang jenjang SD, 10 orang jenjang SMP, 13 orang jenjang SMA, 12 orang jenjang SMK  yang akan diberikan pendidikan dan pelatihan oleh 11 Pengajar Peraktik (PP).

Kehadiran kepala sekolah dari CGP bertujuan melakukan pengamatan dan memberikan penilaian tentang pelaksanaan kegiatan didalam kelas yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara.


Pendidikan guru penggerak ini akan berlangsung selama 6 bulan kedepan dan diakhir pendidikan akan diselenggarakan Panen Hasil Karya sebagai simbol penutup kegiatan untuk meperoleh gelar Guru Penggerak Kabupaten Buleleng.